Masakan Khas Dari Nusa Tenggara Timur

Masakan Khas Dari Nusa Tenggara Timur – Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia, terdiri dari gugusan pulau besar yang kaya akan keragaman budaya dan kuliner. Wilayah ini memiliki masakan unik yang dipengaruhi oleh geografi, budaya, dan sejarahnya. Kuliner Nusa Tenggara Timur terkenal dengan kelezatan seafood, hidangan pedas dan beraroma, serta makanan pokok yang unik. Banyak hidangan lokal yang dibuat dari bahan-bahan segar dan disajikan dengan sambal, pasta cabai pedas yang merupakan makanan pokok masakan Indonesia. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi makanan khas Nusa Tenggara Timur, sejarahnya, bahan-bahannya, dan rasanya, serta tempat untuk merasakan masakan daerah terbaik.

image

Nusa Tenggara Timur adalah gugusan pulau yang terletak di timur Indonesia. Wilayah ini terkenal dengan bentang alamnya yang terjal, pantai yang indah, dan budaya yang unik. Penduduk di wilayah ini berasal dari berbagai latar belakang etnis dan menjalankan agama yang berbeda. Akibatnya, makanan di Nusa Tenggara Timur merupakan perpaduan dari masakan yang berbeda, masing-masing dengan cita rasa yang berbeda. Pada kesempatan kali ini tourdelombok akan merangkum seputar Masakan Khas Dari Nusa Tenggara Timur yang ada dibawah ini

Masakan Khas Dari Nusa Tenggara Timur

Kolo

Tak cuma di tempat lain di Indonesia, nasi bakar malah bisa ditemukan di NTT namun lazimnya disebut sebagai Kolo. Kolo dimasak di dalam bambu yang nantinya ditaruh di atas bara api untuk dibakar. Cara membuatnya, cuci beras dan sebelum dimasukkan ke dalam bambu muda dengan panjang sekitar 30 cm.

Beras hal yang demikian sudah dicampur dengan bumbu-bumbu khas NTT. Setelah itu beras yang dicampur bumbu dimasukkan ke dalam bamboo. Jangan lupa tutup bamboo tempat memasukkan beras pada bambu dengan daun pisang. Lalu, bambu ini ditaruh berdiri di bara api untuk dibakar. Pengerjaan membakar ini dijalankan separuh jam.

Baca Juga : Makanan Paling Populer Dari Nusa Tenggara Timur

Setelah matang, kolo dikeluarkan dari bambu dan digulung dengan daun sebagai bungkusan. Biasanya, Kolo disampaikan pada acara-acara adat. Kecuali itu, Kolo lazimnya dihasilkan menu utama yang akan disantap bersama dengan sayur dan lauk apa saja.

Catemak Jagung

Jagung adalah makanan penduduk Nusa Tenggara Timur (NTT).Produktivitasnya masih tergolong rendah karena kebanyakan diusahakan di lahan kering (kebun/tegal) dan sedikit di pelataran.

Sehingga tak aneh, makanan khas NTT berikutnya adalah Catemak Jagung. Catemak jagung dinilai sehat karena bahannya yang alami dan lazimnya dihidangkan sebagai makanan penutup. Untuk rasa, catemak jagung mempunyai rasa asin dan gurih.
Cara membuat catemak jagung ini adalah jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kadang kala juga ditambah dengan labu maupun sayur-sayuran lainnya. Bahan-bahan hal yang demikian direbus dengan air yang sudah dibumbui dengan garam dan bumbu penyedap.

Sebagai ilustrasi, Catemak Jagung ini mirip dengan kolak bagus sistem masak dan penampilannya, karena sesudah matang catemak jagung ini mempunyai kuah coklat. Biasanya, catemak jagung ini dimakan sebagai hidangan penutup pada dikala sarapan maupun makan siang

Jagung Bose

Sebab jagung sebagai makanan pokok, karenanya tak aneh ada juga makanan khas NTT yang terbuat dari sayur ini. Jagung bose adalah makanan yang dipakai sebagai pengganti nasi. Biasanya, terdiri dari jagung dan kacang-kacangan yang dimasak dengan santan.

Meski semacam itu, ragam makanan khas NTT yang enak ini ada banyak, disesuaikan dengan selera masing-masing. Cara memasaknya, adalah memasak air pada panci hingga mendidih masukkan kacang-kacangan (lazimnya kacang merah dan kacang tanah). Setelah kacang empuk masukan jagung ke dalam panci, bisa juga ditambahkan bahan lain seperti labu dan sayur-sayuran.
Biasanya kalau bahan sudah matang, campurkan santan lalu kasihlah garam dan bumbu penyedap kedalamnya.Biarkan hingga kuah agak menyusut dan terserap oleh bahan-bahan sesudah itu angkat dan jagung bose siap disampaikan.

Biasanya jagung bose disampaikan dengan lauk daging (ayam atau sapi). Daging ini bisa dicampurkan pada dikala memasak maupun dipisah sebagai toping.

Pada dasarnya makanan khas NTT ini mirip dengan daging asap (smoked beef) pada kuliner barat. Perbedaanya adalah pada proses pembakarannya

itulah seputaran makan khas dari nusa tenggara timur yang telah dibahas diatas tadi

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *